Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet

Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet

Lagi buka sosmed terus tiba tiba jaringan terasa lambat bisa bikin mood jadi jelek, mungkin hal ini dipengaruhi oleh kecepatan internet kalian. Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat menggunakan jaringan internet yang diukur dalam satuan bps (bit per second). Maksudnya adalah banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain pada setiap detiknya. Secara umum kecepatan akses internet dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu downstream dan upstream. Berikut faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet:

  1. Modem

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi kecepatan akses pada internet adalah modem. Kecepatan modem sendiri bervariasi, tapi yang paling banyak digunakan adalah yang berkecepatan 56 Kbps. semakin cepat kecepatan modem tersebut, maka semakin cepat pula kecepatan akses yang didapat.

  1. Besar Bandwidth

Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka kecepatan akses internet pun jadi semakin cepat.

  1. Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi mempunyai beberapa macam yaitu CDMA, GSM, GPRS, HSDPA, 3G, 4G, 5G dan line telephone. Setiap jaringan tersebut memberikan kecepatan akses yang berbeda-beda. Kecepatan jaringan internet paling rendah adalah line telephone.

  1. Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna yang mengakses internet juga mempengaruhi kecepatan akses. Saat pengguna mengakses internet secara bersamaan, kecepatan akses internet akan turun. Biasanya hal yang memperngaruhi kecepatan akses internet seperti ini terjadi pada jam kerja atau jam sibuk.

  1. Unit Komputer

Komputer tentunya sangat berperan dalam cepat atau tidaknya akses internet yang didapat karena di dalamnya terdapat perangkat keras yang mempengaruhi. Di antaranya ada RAM, prosesor, dan harddisk yang berperan pada proses kerja komputer tersebut.

Leave a Reply